Friday, December 26, 2008

Review film: Superman Return

Ini film tayang di bioskop trans tv tadi malam. Awalnya cuman iseng doang nonton film ini coz gak bisa tidur. Lagian aku mengira jalan ceritanya bakal sama dengan serial tvnya, mulai dari kelahirannya. Ternyata beda, ceritanya seru dan aku gak nyesel begadang ampe jam1.

Ceritanya dimulai ketika jatuhnya pesawat/ufo kal-el alias clark kent alias superman di desa orang tua angkatnya. Awalnya aku masih bingung, ternyata superman selama 5thn menghilang untuk mencari tau keberadaan planetnya, krypton. Selama 5thn itu ternyata louis lane (perasaan di serial tv namanya lana lane) udah menikah dgn richard dan punya anak cowok, jason. Dalam film ini, louis gak tau kalo clark adalah superman trus kalo di serial tv ada teman cewek clark namun di film gak ada.
Louis marah karena superman gak mengucapkan selamat tinggal 5thn yg lalu padanya. Padahal hubungan mereka sangat dekat. Sampai-sampai, louis memperoleh penghargaan atas artikelnya "kenapa kita tidak butuh superman?".
Superman mulai melakukan aksinya menolong orang. Trus louis disuruh bosnya menulis artikel tentang superman, padahal dia gak suka (karena masih marah). Sementara itu, lex luthour mencari sesuatu di antartika. Dia menemukan tempat seperti planet krypton. Di situ ada pesan dari ayah kal-el. Lex juga menemukan potongan2 kristal. Dengan potongan kristal yang sangat kecil, dia bereksperimen atas kota mainan. Ternyata, setelah potongan kristal itu dimasukkan ke air kota mainan itu hancur/retak karena munculnya kristal2 gede, seperti planet krypton. Dampaknya gak hanya itu, di dunia nyata terjadi pemadaman listrik. Akibatnya, peluncuran pesawat ulang-alik hampir gagal untungnya ada superman.
Louis yang gak mau menulis artikel tentang superman, malah mencari tau kenapa terjadi pemadaman tsb. Bersama anaknya louis mencari tempat pertama kali terjadinya pemadaman listrik. Selidik2, akhirnya mereka sampai di sebuah kapal...dan bertemu dgn lex. Terperangkaplah louis dan jason di sana. Lex akhirnya memberitahu louis tentang rencananya yang hendak membuat tanah (kristal gede kayak planet krypton), dgn menanamkan kristal dengan pecahan biru planet krypton (pecahan ini yg bisa melumpuhkan superman) di tengah laut. Jadinya, kota bakal hancur, milyaran orang bakal meninggal, dan hanya lex yg punya rumah. Rumah alias tanah yg berupa kristal2 ini lah yang akan dijualnya ke orang lain dgn harga yang mahal. Ketika lex sedang melaksanakan aksinya dgn kristal itu, louis berusaha mengirimkan sos melalui faxs. Tp ketahuan anak buah lex, jadinya ia hampir dibunuh. Tak diduga jason yang asmanya kumat malah mampu menghantamkan piano yang lagi dimainkannya ke anak buah lex. Ho...mulai terungkap kalo jason anaknya superman. Mereka hampir selamat, namun kepergok anak buah lex yg lain trus malah disekap lagi. Sementara itu, fax yg dkirim louis sampai ke kantor dan richard menyusul louis utk menolong mereka.
Lex yg telah selesai dgn ekperimen kristalnya, meninggalkan kapal dgn heli sementara louis dan jason dibiarkan tetap di sana. Richard sampai di kapal dan mengeluarkan mereka , namun kapal terbelah karena kristal yg muncul dr permukaan laut. Mereka ber3 hampir tenggelam, tapi berhasil diselamatkan superman. Setelah itu superman menemui lex di rumah kristalnya. Karena ada pecahan planet krypton td, superman kehilangan tenaganya mampu ditusuk lex dan terjatuh ke laut. Louis yg sadar dr pinsannya memaksa richard mencari superman karena merasa superman bakal terbunuh. Berkat kekuatan jason, mereka menemukan superman dan berhasil menolongnya. superman yg belum sembuh benar dr tusukan lex memaksa ke luar dr heli, dan dgn sisa tenaganya menghancurkan pusat kristal gede lex. Dan sukses mengangkat kristal tsb ke luar angkasa. Setelah itu, dia kehabisan tenaga dan jatuh ke bumi. superman yang jatuh langsung di bawa ke RS. Namun, krn dia manusia super, jarum aja gak bisa menusuk tubuhnya. Dunia berduka, byk org yg berbaris di depan RS menunggu kepastian kondisi superman.
Hanya louis dan jason yg dibolehkan menjenguk. Louis membisikan sesuatu ke superman (kyknya sh mmbritau kalo jason adalah anaknya). Sementara itu, jason membelai kostum superman. Entahlah mungkin mengagumi kostum itu atau mentransfer tenaganya.
Akhir cerita, superman kabur dr RS dan muncul malam2 di kamar jason. Ia mengucapkan, aku lupa tepatnya intinya, seorg anak akan menjadi ayah dan seorg ayah akan menjadi anak, kau akan melihat duniaku di mataku, dan akan melihat duniamu di mataku. Kalo gak salah sh gt.

Keren abis

No comments: